Formula 1 Akui Masih Tak Berminat Tambah Tim yang Berkompetisi

Ligaolahraga.com –

Berita F1: Bos Formula 1, Stefano Domenicali, menegaskan bahwa pihaknya belum berminat untuk menerima pendatang baru karena tim yang berpartisipasi saat ini sudah cukup.

Bos Andretti Autosport, Michael Andretti, sudah lama mengutarakan keinginannya untuk terjun ke Formula 1. Ia kabarnya telah mengirim surat kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Minat tim asal Amerika Serikat itu pun menimbulkan pro dan kontra di kalangan penghuni grid saat ini. Ada yang berpendapat bahwa tambahan tim membuat keuntungan komersial menjadi berkurang karena mesti dibagi dengan lebih banyak tim. Namun, tak sedikit yang menganggap kedatangan tim baru justru malah menambah nilai.

Bos Formula 1, Stefano Domenicali, sendiri mengaku tidak menentang tim-tim baru yang ingin masuk ke F1. Hanya saja saat ini hal tersebut bukanlah prioritas di era kepemimpinannya.

“Kami menerima banyak permintaan. Berapa banyak? Lebih dari satu dan kurang dari delapan!” ucapnya dikutip dari Motorsport.com.

“Ada banyak yang tidak menyembunyikan keinginan, meski di publik, dan ada pula yang melakukan negosiasi secara rahasia. Secara pribadi, saya tidak yakin bahwa jumlah tim di F1 hari ini adalah faktor pembatas dari sudut pandang hiburan,” ia menjelaskan.

“Saya percaya ini adalah prioritas untuk bekerja untuk meningkatkan daya saing beberapa tim yang sudah hadir. Saya tidak percaya bahwa meningkatkan jumlah entri membawa nilai tambah, kecuali jika mereka adalah tim dengan kualitas terbaik,” lanjut Domenicali.

Ia berpendapat bahwa masih terdapat tantangan lain untuk memastikan kelangsungan hidup dari 10 tim yang ada saat ini. Apalagi saat situasi ekonomi yang terdampak inflasi sehingga biaya kian meningkat. Formula 1 lalu memutuskan untuk mengambil langkah dengan menetapkan batas pengeluaran.

Baca juga:  Prediksi Crystal Palace vs Arsenal, Rebut Kembali Posisi Keempat dari Tangan Spurs!

“Ada dua isu terbuka tentang ini. Pertama adalah kontrol, karena jika mereka yang harus mengatur kehilangan sesuatu, seluruh sitem akan runtuh. Saat ini, pemeriksaan tidak cukup hanya dari sisi teknis saja, tapi diperlukan kontrol keuangan yang ketat. Untuk itu, FIA makin membekali diri dengan perannya sebagai penjamin,” ia menuturkan.

“Poin kedua berhubungan dengan beberapa variabel yang sulit diprediksi saat regulasi finansial diluncurkan. Inflasi menuju ke arah tak terduga, dan biaya transportasi juga naik dalam beberapa minggu terakhir dengan cara yang sulit diprediksi.”

“Akan ada diskusi untuk menemuka solusi tepat, tapi selalu menjaga prinsip bahwa kami harus menjamin semua orang punya peluang sama,” tutupnya.

Artikel Tag: F1 2022, Andretti Autosport

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/formula-1-akui-masih-tak-berminat-tambah-tim-yang-berkompetisi

Dahlsca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.