Formula 1 Belum Berencana untuk Balapan Lagi di Sirkuit Sepang

Ligaolahraga.com –

Berita F1: Pihak Sirkuit Sepang menyatakan bahwa Formula 1 hingga kini belum mengadakan pembicaraan lagi soal seri GP Malaysia usai terakhir kali digelar pada 2017 lalu.

Sebagaimana diketahui pemutusan kontrak GP Rusia sebagai imbas dari invasi militer yang terjadi di Ukraina memunculkan Sirkuit Sepang, sebagai salah satu kandidat sirkuit pengganti Sochi. Kendati tak seistimewa GP Singapura yang mengusung balapan malam hari, trek yang berlokasi di Malaysia itu rupanya tetap memiliki tempat tersendiri dalam hati para penggemar F1.

Bahkan sejumlah fans mengaku menginginkan Sirkuit Sepang masuk lagi dalam kalender balap Formula 1 2022. Namun, membawa kembali perlombaan terdapat bukanlah hal mudah, salah satunya karena faktor finansial.

Bukan rahasia umum lagi jika tiket nonton balapan F1 jauh lebih mahal ketimbang MotoGP. Akan tetapi lantaran sepi penonton, Sirkuit Sepang pun memilih melepas GP Malaysia karena kalah saing dari GP Singapura.

Ya, sejak Sirkuit Marina Bay ditunjuk sebagai tuan rumah, sebagian besar penggemar memilih menyaksikan perlombaan di Singapura dibandingkan Malaysia. Selain karena atmosfer night race, mereka juga disuguhkan konser dari para penyanyi kelas dunia.

Dalam video conference dengan CEO Sepang, Azhan Shafriman Hanif, terungkap bahwa hingga kini masih belum ada pembicaraan soal kembalinya ajang Formula 1 ke Malaysia dalam waktu dekat.

“Tapi saat ini, seperti yang saya katakan sebelumnya, kami belum mendapat tawaran dari Formula 1,” ucapnya dilansir dari Motorsport.com.

“Jika kami mendapatkan tawaran, kami perlu berbicara dengan pemerintah dan perusahaan untuk datang dan mendukung acara ini agar dapat terlaksana,” ia menambahkan.

“Posisi saya, asalkan event tersebut membawa nilai bagi negara, baik Formula 1 maupun event lainnya, akan kami lakukan. Jika keuangan masuk akal dan segalanya, kami akan mengadakan,” lanjut Hanif.

Baca juga:  Inter Milan Siapkan Bintang Timnas Spanyol Jadi Calon Pengganti Ivan Perisic

Untuk diketahui, Sepang International Circuit (SIC) mulai menjadi tuan rumah kejuaraan Formula 1 pada 1999 lalu, berbarengan dengan ajang balap motor MotoGP.

Eddie Irvine sukses menjadi pebalap pertama yang berhasil memenangi seri GP Malaysia 1999. Sedangkan Max Verstappen kali pertama merebut podium tertinggi disana pada 2017 yang juga merupakan kali terakhir Sepang menggelar balapan Formula 1.

Artikel Tag: sirkuit sepang, F1 2022, GP Malaysia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/formula-1-belum-berencana-untuk-balapan-lagi-di-sirkuit-sepang

Dahlsca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.