Kronologi Liverpool Kalahkan Watford, Ambil Alih Puncak Liga Inggris dari Tangan Man City

Liverpool menang atas Watford pada Sabtu malam, tapi bukan itu yang terpenting. Tiga poin the Reds menyebabkan mereka berhasil menggusur Manchester City dari puncak klasemen Premier League, setidaknya selama dua-tiga jam ke depan sebelum Skyblues mengakhiri laga tandang di Burnley.

Jordan Henderson dan kawan-kawan memulai laga pekan ke-30 ini dengan penuh semangat, mengetahui bahwa perolehan tiga poin akan membuat mereka menjadi penguasa Liga Inggris, meski mungkin hanya untuk beberapa jam saja. Tapi kesempatan itu tidak boleh disia-siakan.

Proses terjadinya gol Diogo Jota pada menit 21 itu terjadi saat bek kiri Andy Robertson melihat jalur kiri serangan macet total dan memutuskan menyerahkan bola ke Virgil van Dijk dan kemudian ke kapten Jordan Henderson. Itulah momen penting karena sang gelandang Inggris kemudian mengirim bola panjang ke arah Joe Gomez di sisi kanan lapangan.

Bek kanan Inggris itu dibiarkan tanpa pengawalan dan diberi keleluasaan ruang untuk mengirim crossing ke arah Diogo Jota, dengan pemain No 20 itu melakukan sundulan tipis yang mengincar sudut terjauh gawang Ben Foster. Menit 21 lebih 57 detik!

Jika Anda punya kemewahan melihat rekaman pertandingan maka terlihat kepala sang kiper Watford menengok ke sisi kiri, mengecek gawangnya, sementara bola mengarah ke sisi kanannya.

Itu merupakan gol sundulan kepala ketujuh Diogo Jota sejak mengawali debutnya bagi the Reds pada awal musim 2020/21. Golnya tersebut menjadikan sang bintang Portugal dengan jersey No 20 tersebut sebagai pemain kedua dalam daftar top skor Liga Inggris setelah Mohamed Salah, juga pemain Liverpool.

Jika kita memperluas konteks ke lima liga elit Eropa maka Jota masuk daftar kelompok pemain elit yang berhasil mencetak gol dengan menggunakan kepala, kaki kiri dan kaki kanannya, selain Robert Lewandowski, Edin Dzeko dan Patrik Schick.

Baca juga:  Inter Milan Siapkan Bintang Timnas Spanyol Jadi Calon Pengganti Ivan Perisic

Itu juga sekaligus keterlibatan gol kelima kalinya secara beruntun bagi klub dan negaranya setelah assist lawan Makedonia Utara bagi Portugal, gol lawan Turki, gol kontra Nottingham Forest dan gol lawan Arsenal.

Tapi sementara Reds berhasil menaklukkan the Hornets dengan skor 0-5 terakhir kali, mereka hanya menjaga satu gol malam ini menjelang menit-menit akhir, yang cukup mengkhawatirkan.

Sebenarnya Jota berpeluang menjauhkan jarak pada menit 59 saat melompat untuk menanduk bola tapi si bundar melayang tipis di atas mistar. Demikian pun Roberto Firmino memiliki kesempatan pada menit 76 tapi serangannya terlalu lemah dan berhasil dihentikan oleh Ben Foster.

Skor masih 1-0 bagi keunggulan Reds sampai laga di Anfield ini memasuki menit 89, saat Juraj Kucka menahan Jota di dalam kotak. Penalti bagi Liverpool! Fabinho mencetak gol kedua dari titik penalti yang memastikan kemenangan Reds atas tim urutan 18 klasemen tersebut. Skor masih 2-0 tiga menit memasuki masa injury time.

https://gilabola.com/wp-content/uploads/2022/04/Diogo-Jota.jpg
Dahlsca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.