Misteri Cahaya Merah Di Gunung Semeru

Cahaya Merah Yang Muncul Di Gunung Semeru

Video adanya penampakan cahaya merah terbang di Gunung Semeru bikin geger. Cahaya merah itu tampak bergerak ke atas dan bawah gunung. Dalam video yang beredar, tampak video tersebut diambil dari pos pantau Gunung Semeru. Seluruh badan Gunung Semeru terekam jelas dalam video tersebut.

Tampak cahaya merah berkelebat tersebut begitu jelas karena video direkam pada malam hari. Video tersebut tampak tidak berputar secara lancar alias tersendat-sendat. Di dalam video tersebut terdengar suara dua orang pria yang mengomentari kemunculan cahaya merah yang berkelebat.

Sesaat cahaya merah tersebut muncul, kedua pria tersebut terdengar menangis histeris. Mereka juga mengucapkan doa dan meminta pengampunan kepada Tuhan.

Netizen ramai mengaitkan hal tersebut dengan hal klenik. Namun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mempunyai penjelasan ilmiah terkait cahaya merah tersebut.

Lantas apa sebenernya cahaya yang muncul itu?

Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api Badan Geologi PVMBG, Kristianto, mengatakan video tersebut bukan disebar oleh petugas pos pantau. Banyak pihak yang memberi ulasan tersendiri terkait kondisi Gunung Semeru.

“Yang menyebarkan bukan orang pos pantau. Selama ini banyak sekali netizen memposting video saat ke pos pantau, lalu memberi ulasan sendiri,” kata Kristianto saat dihubungi, Sabtu (11/12/2021).

“Itu adalah cahaya panas dari kubah lava yang ada di kawah. Dan itu sudah menjadi keseharian dari Gunung Semeru,” tambahnya.

Dia menjelaskan kemunculan cahaya merah tersebut sebagai hal yang biasa terjadi pada malam hari. Cahaya tersebut hanya terekam kamera yang telah di-setting khusus.

“Kenapa dia seolah-olah naik ke atas? Itu kan ada asap yang mengepul, cahaya dari kubah lava ini kelihatan hanya malam. Kalau siang tidak. Itu menggunakan kamera kecepatan rendah,” jelasnya.

Baca juga:  Thorgan Hazard Bantah Rumor Soal Keinginannya Tinggalkan Dortmund

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.