Portugal Kebagian Grup Maut Piala Dunia 2022, Satu Grup Dengan Uruguay dan Korea Selatan

Joao Felix akan dipaksa bermain melawan rekan satu timnya di Atletico, Luis Suarez, setelah Portugal kebagian satu grup dengan Uruguay dalam drawing Piala Dunia 2022 yang usai Sabtu dinihari (2/4).

Portugal masuk ke dalam Grup H Piala Dunia 2022 di Qatar, yang kemungkinan akan dikukuhkan sebagai Grup Maut setelah satu grup dengan Uruguay dan Korea Selatan.

Portugal merupakan juara Eropa 2016, selain juara UEFA Nations League 2019, tapi mereka menjalani kualifikasi zona Eropa secara susah payah. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya menduduki posisi kedua klasemen Grup A, dan karena itu harus menjalani play-off melawan Turki dan kemudian melawan pembunuh Italia, Makedonia Utara.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Dunia, Selecao tiga kali lolos ke Piala Dunia dengan perkasa. Memuncaki babak kualifikasi grup zona Eropa. Yaitu tahun-tahun 2002, 2006, dan 2018.

Untuk Piala Dunia 2002, mereka menang tujuh kali, imbang tiga di Grup 2 kualifikasi UEFA. Lawan yang mereka kalahkan di babak kualifikasi ini antara lain Belanda, selain main imbang dua kali lawan tim yang kemudian menduduki urutan kedua, Republik Irlandia. Penghuni lain Grup 2 adalah Estonia, Siprus, dan Andorra.

Untuk Piala Dunia 2006, Portugal sekali lagi memuncaki grup mereka, Grup 3 zona Eropa. Di dalam grup ini tergabung Slovakia, Rusia, Estonia, Latvia, Liechtenstein dan Luksemburg.

Sementara untuk Piala Dunia 2018, mereka berhasil unggul selisih gol atas Swiss, yang menduduki posisi kedua grup dengan nilai persis sama, 27. Tapi selisih gol Selecao masih jauh lebih baik +28, lawan Swiss +16, menyebabkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan lolos langsung ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Tapi ada dua tahun ketika Portugal harus lolos ke Piala Dunia dengan melakoni babak play-off. Tahun 2010 dan 2014.

Baca juga:  Bayern Munchen Bajak Incaran Barcelona

Untuk kualifikasi Piala Dunia tahun 2010, hal ini terjadi setelah mereka hanya menduduki urutan kedua grup kualifikasi, kalah poin dari Denmark di urutan pertama Group 1. Portugal menderita satu kekalahan lawan Denmark yang terbukti fatal, selain mencatatkan hasil imbang terlalu banyak empat kali, melawan tiga kali imbang dari timnas Denmark.

Pada play-off tahun 2010 Portugal menghadapi Swedia dengan dua leg, menang 1-0 di semenanjung Iberia dan menang lagi 2-3 di kandang tim lawan asal Skandinavia tersebut.

Untuk Piala Dunia tahun 2014, Selecao sekali lagi hanya menduduki urutan kedua kualifikasi Grup F, kalah satu poin dari Rusia yang tampil sangat kuat dan menduduki urutan pertama dengan 22 poin. Pada babak play-off mereka menang dengan skor 1-0 dua kali dalam dua leg melawan Bosnia-Herzegovina.

https://gilabola.com/wp-content/uploads/2022/04/Ronaldo-Joao-Felix-Portugal.jpg
Dahlsca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.