Tiga Pelatih Ini Jadi Calon Pengganti Mancini di Italia

Vivagoal – Serie A – Kegagalan Tim Nasional Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2022, membuat posisi Roberto Mancini sebagai juru taktik mulai dipertanyakan. Andai harus pergi, Fabio Cannavaro, Roberto De Zerbi, hingga Gennaro Gattuso disebut jadi calon pengganti Mancini.

Gli Azzurri kembali harus puas hanya jadi penonton saja pada Piala Dunia edisi tahun 2022 di Qatar mendatang. Pada semifinal play-off lalu, Timnas Italia secara mengejutkan harus tumbang dari tim kuda hitam, Makedonia Utara dengan skor tipis 1-0.

Hasil tersebut membuat Italia dua kali beruntun tak bisa lolos pada ajang bergengsi seperti Piala Dunia. Padahal mereka menyandang status sebagai juara Piala Eropa 2020 lalu.

Presiden FIGC Sindir Tim Italia
(Photo: REUTERS/Guglielmo Mangiapane via lampost.co)

Kekalahan itu juga membuat Roberto Mancini mulai digaungkan untuk segera angkat kaki karena gagal membuat Italia mentas di Piala Dunia. Meski begitu tak sedikit pula yang menyatakan bahwa kekalahan Italia bukan sepenuhnya jadi tanggung jawab Mancini.

Seperti dirinci oleh La Gazzetta dello Sport, keputusan untuk bertahan atau tidaknya itu berada sepenuhnya di tangan Mancini sendiri. Beberapa waktu lalu, Presiden FIGC, Gabriele Gravina menyatakan bahwa Ia ingin Mancini tetap menjadi juru taktik Italia.

Walau begitu belum ada keputusan final soal bagaimana nasib eks pelatih Man City itu di skuad Italia di masa depan. Disaat bersamaan, dilansir Calcio e FInanza, kini mulai muncul pula sejumlah nama pelatih yang digadang bakal jadi suksesor Mancini.

Daftar teratas adalah Cannavaro. Pelatih berusia 48 tahun itu memiliki pengalaman melatih di Dubai, Arab Saudi dan China. Ketika di China, Cannavaro bisa merengkuh trofi gelar liga bersama Guangzhou Evergrande.


Baca Juga


Andai benar-benar ditunjuk sebagai allenatore baru La Nazionale, Cannavaro kemungkinan bakal mengembalikan ke formasi tiga pemain bertahan. Selain itu, Ia bisa mendapat bantuan dari eks pelatihnya, Marcelo Lippi, sebagai staf kepelatihan nanti.

Kemudian, eks punggawa Italia lain yang disebut jadi calon pengganti Mancini adalah Gennaro Gattuso. Ia dianggap bisa menampilkan permainan modern dan mendapat pujian ketika melatih AC Milan maupun Napoli.

Opsi lain yang dirasa pantas menjadi pertimbangan adalah pelatih Shahtar Donetsk, Roberto De Zerbi. Mantan pemain Sassuolo itu mungkin saja tengah mencari pekerjaan baru, mengingat situasi panas yang melibatkan Ukrainan dan Rusia saat ini.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com


Dahlsca

Baca juga:  Arsenal Tampil Gacor, Arteta Bocorkan Rahasianya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.